Mengapa Pesawat Tidak Tersambar Petir?


Tahukah anda mengapa pesawat tidak tersambar petir ketika berada di udara? Tentu sangat jarang bagi kita mendengar pesawat tersambar petir. Kemungkinan pesawat untuk tersambar petir sangatlah besar, karena pesawat akan selalu bergesekan dengan udara. Namun, dengan adanya sistem Static Discharge (SD) pada bagian pesawat inilah yang membuat kemungkinan pesawat untuk tersambar petir menjadi kecil.

Terjadinya petir diakibatkan karena adanya perbedaan muatan listrik di udara, hal ini bisa saja terjadi ketika udara bergesekan/bertabrakan dengan awan atau benda. Hal ini pun terjadi pula pada pesawat yang sedang terbang. Ketika pesawat terbang di udara, tentu pesawat akan bergesekan dengan udara, sehingga terbentuklah listrik statis pada badan pesawat. Inilah yang memungkinkan pesawat bisa saja tersambar petir.

Namun, karena pesawat telah dilengkapi dengan sistem SD inilah yang membuat kemungkinan pesawat tersambar petir menjadi kecil. Sistem SD ini berupa kawat atau lempengan plastik berisi logam yang diletakkan di ujung sayap atau ekor pesawat.

Sistem SD ini akan bekerja untuk melepaskan muatan listrik yang ada ataupun yang berkumpul pada pesawat ke udara. Seandainya saja sistem SD pada pesawat rusak atau tidak bekerja, pesawat bisa saja tersambar petir sehingga akan merusak beberapa sistem bagian pesawat, seperti sistem navigasi, sistem komunikasi, dan yang terburuknya ialah pesawat bisa saja terbakar saat berada di udara.

Waa.. mengerikan sekali bukan. Untung saja kini pesawat sudah dilengkapi dengan sistem SD. Meskipun demikian bukan berarti pesawat terhindar dari sambaran petir, buktinya kita pasti pernah mendengar ada pesawat yang tersambar petir meskipun memang jarang sekali.

Mungkin penjelasan ini masih jauh dari sempurna, tetapi semoga saja bermanfaat bagi anda. thank you for reading.. :D

Sumber : www.unikbaca.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar