Peneliti Jepang Ciptakan Robot Yang Dikendalikan Otak!

robot buatan jepang

Wah wah wah... Teman-teman, kali ini saya mendengar kabar ada robot yang dikendalikan oleh otak manusia! Kebayang tidak dipikiran teman-teman bagaimana robot ini bisa bergerak oleh pikiran manusia, hmm.. rasanya sulit dibayangkan. Tapi kali ini benar-benar ada dan robotnya pun sudah jadi, hanya perlu dikembangkan saja agar robot dapat bekerja dengan optimal. Yah, inilah hasil karya dari Negeri Sakura yang memang suka mengembangkan ilmu teknologi khususnya robot (bahkan kabar lain mengatakan Jepang juga membuat robot dengan tinggi 13 kaki yang dikendalikan oleh iPhone).

Robot ini mampu bergerak dengan menggunakan pikiran manusia. Robot ini juga mampu dikendalikan dari jarak jauh sesuai dengan pikiran manusia tanpa harus menggunakan tombol untuk menggerakkannya, sugoi!

Oh ya, robot ini mengguankan teknologi terbaru lho! namanya Brain Computer Interface (BCI). Alat ini bentuknya seperti topi yang bisa menerima sinyal yang dikeluarkan oleh otak manusia kemudian akan diterima sebagai pengendali robot.

Dalam pengendaliannya, penggerak robot berada didepan layar. Di layar tersebut terdapat titik panel ke arah depan, belakang dan ke arah samping kanan kiri. Sehingga ketika sang pengguna ingin robotnya bergerak ke kanan, maka ia harus memusatkan pandangannya ke arah kanan pada titik panel layar tersebut. Dan jika pengguna memusatkan pikirannya pada satu warna pada sebuah objek, maka si robot akan menjadikannya sebagai perintah ke objek tersebut.
dikendalikan otak

Penemuan ini adalah sebuah permulaan untuk menciptakan robot yang dikendalikan otak. Robot ini akan dikembangkan lagi agar dapat menangkap sinyal otak lebih baik dan agar kerja kendali robot juga lebih bagus dan optimal.

Menurut para peneliti, dengan adanya kemajuan teknologi BCI ini akan membawa perubahan bagi kehidupan dimasa mendatang. Selain itu, robot ini juga dipercaya dapat berperan penting nantinya, terutama dalam penanganan evakuasi bencana yang mampu menggapai wilayah/tempat yang tidak mampu digapai oleh manusia.
       Ini link kalau teman-teman ingin lihat videonya : 
      Ini link kalau temam-teman ingin melihat robot setinggi 13 kaki yang dikendalikan iPhone :
http://kejadiananehkita.blogspot.com/2012/07/awas-robot-setinggi-13-kaki-siap.html

Sumber : www.metrotvnews.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar